Bookmark and Share
Loading

Layang-Layang

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan

Layang-layang yang biasa kita mainkan ternyata telah ada sejak ribuan tahun silam. Bahkan, menurut sejumlah sumber sejarah, layang-layang sudah ada sebelum ditemukannya tulisan.

Layang-layang sendiri diyakini berasal dari daratan China yang kemudian dibawa oleh pedagangnya keliling dunia. Namun, versi sejarah lain mengatakan bahwa layang-layang berasal dari Indonesia atau Malaysia. Disebutkan, saat itu, layang-layang masih sangat sederhana karena belum ada bahan kertas. Maka, layang-layang dibuat dari daun-daun berukuran besar.

Perdagangan antarbangsa yang terjadi ribuan tahun silam kemudian membuat layang-layang dibawa ke berbagai belahan dunia, mengikuti kaum pedagang yang berlayar ke berbagai benua. Salah satu yang dipercaya mengenalkan ke Eropa adalah pedagang dari Portugis dan India. Versi lain mengatakan bahwa Kaisar Jengis Khan lah yang mengenalkan layang-layang ke berbagai benua termasuk Eropa saat pasukannya menguasai sejumlah benua Asia dan Eropa.

Jika benar sejarah bahwa layang-layang berasal dari Indonesia, sudah sepatutnya kita bangga. Sebab, kita bisa turut menyumbangkan salah satu warisan mainan yang langgeng hingga kini ke seluruh dunia.

0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu