Bookmark and Share
Loading

lift

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan Bisa Anda bayangkan, betapa capainya jika kita harus menaiki beratus bahkan beribu anak tangga untuk menaiki sebuah gedung pencakar langit. Sehat? Pasti. Capai? Iya juga. Karena itu, berterima kasihlah pada teknologi lift. Anda tinggal masuk ke sebuah ruang kecil, memencet tombol pada nomor lantai yang hendak dituju, tunggu sejenak, dan, Anda pun sudah berada pada ruangan di lantai tertentu. Tanpa harus keluar keringat, tanpa harus bersusah payah menaiki anak tangga.

Jaman dahulu, lift memang sudah ada sejak mulai dibangun sejumlah gedung bertingkat. Sayangnya, tingkat keamanan dan kenyamanannya masih kurang memadai. Bahkan, risiko putus kabel lift sering membuat sebuah gedung atau bangunan menjadi kurang aman.

Suatu ketika, seorang bernama Elisha Otis (1811-1861), merasakan hal yang sama tentang masalah keamanan ini. Waktu itu, bersama karyawannya, ia hendak mengangkat sebuah barang ke gudang. Kelahiran Halifax Vermont Amerika ini, karena melihat risiko yang sangat tinggi, lantas berpikir untuk mencari cara paling aman untuk mengangkat barang dengan lift atau elevator.

Bertahun-tahun ia memikirkan bagaimana solusinya agar hal itu bisa diatasi. Dengan berbagai percobaan, akhirnya pada sekitar tahun 1853, di sebuah gedung bernama Crystal Palace Exposition di New York, ia mendemonstrasikan penemuannya, sebuah penyempurnaan elevator.

Ia pun menjalankan lift tersebut seperti layaknya lift saat ini. Namun, ketika massa berkerumun di bawah melihat aksinya, ia pun berbuat sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Otis menyuruh asistennya memotong kabel lift yang dinaikinya. Sudah tentu, hal ini mengundang ketakutan sejumlah orang yang menyaksikan. Namun, saat kabel telah terpotong, ternyata lift itu diam tak bergerak. Lift itu aman-aman saja berada di tempat semula. Ternyata, Otis telah menciptakan semacam rel penahan pada masing-masing sisi lift, sehingga mampu menahan lift tersebut agar tidak jatuh. Sebuah penemuan fenomenal yang membuat lift kini makin aman dan nyaman digunakan siapa saja.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu

bookmark at folkd