Bookmark and Share
Loading

Ban Karet

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan
Banyak sekali penemuan-penemuan penting di dunia ini yang berasal dari ketidaksengajaan. Bahkan, kadang hanya karena hal yang sepele, misalnya menyenggol satu benda tertentu di laboratorium, jadilah sebuah penemuan yang mampu mengubah dunia.

Hal ini rupanya juga terjadi pada penemuan ban karet untuk kendaraan. Jika kita lihat sekarang, balapan motor atau mobil sangat ditentukan oleh kualitas ban yang dipakai, selain berbagai faktor lain. Padahal, ternyata, untuk menemukan ban karet yang berkualitas, dulu sangat sulit. Sebab, karet sebagai bahan dasar pembuatan ban, dahulu jika bertemu dengan sesuatu yang panas, mudah meleleh. Namun, jika menyatu dengan hal yang dingin, sangat rapuh.

Berbagai hal lantas dilakukan untuk menstabilkan materi karet sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan. Salah satu yang mencoba melakukan aneka percobaan ini adalah seorang ilmuwan bernama Charles Goodyear. Ia berupaya dengan segala macam cara untuk membuat karet bisa lebih tahan terhadap panas dan dingin sekaligus. Namun, seperti juga ilmuwan lain yang juga sudah mencoba sebelumnya, hasil yang diperoleh pun masih kurang sempurna.

Suatu ketika, ketika beristirahat, Goodyear tidak sengaja menjatuhkan segumpal karet dan semacam zat sulfur dalam kompor yang panas secara bersamaan. Dan, rupanya, itulah jawaban yang dicari selama ini. Karet yang terjatuh dalam kompor itu rupanya bereaksi dengan sulfur dan jadi lebih tahan panas. Bahkan, setelah dicoba, karet ini pun juga tahan dingin. Ketidaksengajaan inilah yang kemudian terus dikembangkan Goodyear hingga bisa diolah jadi ban karet sampai sekarang
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu