Bookmark and Share
Loading

QWERTY

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan

Adanya kesulitan, seringkali sebenarnya menjadi jalan untuk menemukan peluang yang menguntungkan. Salah satu contoh hal ini adalah tentang penemuan sistem pengetikan keyboard yang kita pakai sekarang, yakni sistem QWERTY.

Dulu, ternyata, mesin ketik manual menggunakan huruf-huruf sesuai abjad, yakni urut dari ABC dan seterusnya. Namun, yang terjadi, karena banyak huruf berdekatan yang sering digunakan bersamaan, membuat tombol pengetik sering rusak, masuk ke dalam, dan tidak balik lagi sehingga acap merepotkan.

Hal ini membuat Christopher Latham Sholes mencoba mencari alternatif agar masalah seperti itu tidak terjadi lagi. Maka, ia pun berinisiatif merubah urutannya menjadi QWERTYUIOP, ASDFGHJKL, ZXCVBNM. Urutan itu dianggap tidak lazim pada tahun 1878 saat Sholes mematenkan idenya itu. Dan, bisa ditebak, orang yang terbiasa menggunakan urutan abjad pada mesin ketik sebelumnya, menjadi kesulitan memakai penemuan Sholes ini. Tapi, memang terbukti, masalah mesin ketik macet jadi tertanggulangi.

Setelah Sholes menjual penemuan ini ke E. Remington and Sons Corporation, yang kemudian memroduksi secara masal penemuan ini. Karena dianggap sulit, namun efektif mengatasi masalah macetnya mesin ketik, akhirnya, kemudian justru memunculkan peluang pengajaran pola pengetikan ala QWERTY. Dan, terbukti, pelajaran mengetik seperti ini kala itu kemudian menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan.

0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu