Bookmark and Share
Loading

Pop Corn

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan Tahukah Anda jenis makanan kecil yang paling disukai saat menonton film? Yup, makanan paling populer menemani saat menonton film adalah popcorn, alias berondong jagung. Tapi, tahukan Anda bahwa ada banyak cerita unik dari popcorn itu?

Dari namanya, popcorn ternyata awalnya berasal dari suara saat jagung-jagung itu meledak ketika dipanaskan. Pop! Pop! Pop! Pop! Itulah suara yang terdengar dan kemudian membuat orang menamainya popcorn. Namun, sebenarnya itu hanyalah nama populernya saja. Sebab, aslinya, popcorn ternyata sudah berusia ribuan tahun. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak lukisan di gua-gua bawah tanah terdapat coretan yang menggambarkan jagung ini. Namun, data yang cukup dipercaya mengatakan bahwa popcorn berasal dari 5 ribu tahun silam dimana awalnya datang dari Meksiko dan kemudian menyebar ke India, China, dan Sumatera. Jagung ini kemudian menyebar ke Eropa seiring dengan banyaknya penjelajah dari daratan Eropa ke berbagai benua.

Selain bisa dimakan, jaman dahulu, popcorn ternyata juga sering dijadikan permainan. Meski tidak disebutkan secara pasti lokasinya, ada sebuah suku yang mendiami suatu daerah sering bermain jagung ini. Caranya, jagung tersebut diletakkan pada satu wadah yang terbuat dari batu panas. Seiring dengan perubahan suhu, jagung itu akan "meledak" dan terbang ke mana-mana. Nah, inti permainan ini adalah pemain harus berusaha menangkap jagung-jagung yang beterbangan. Sang pemenang diperbolehkan memakan jagung tersebut. Orang jaman dahulu ternyata cukup kreatif dalam mencari cara menghibur diri ya?

Ada satu lagi kisah tentang popcorn yang mampu menyelamatkan seseorang dari kebangkrutan. Ketika terjadi resesi ekonomi di Amerika, banyak bisnis yang hancur. Namun, ternyata penjualan popcorn tidak mengalami penurunan. Nah, suatu ketika ada seorang bankir dari Oklahoma yang bangkrut. Dari sisa-sisa uangnya, ia pun memutuskan untuk membeli mesin pembuat popcorn untuk menyambung hidupnya. Bankir itu kemudian membuka usahanya di sebuah warung kecil di dekat sebuah bioskop. Dan, seperti kita tahu, nonton bioskop memang paling asyik sambil mengunyah popcorn. Karena itu, sang bankir pelan tapi pasti berhasil mengembangkan usaha popcornnya. Setelah sekian tahun ia ternyata tak hanya bisa hidup dari menjual popcorn. Ia bahkan kemudian bisa sukses dengan bisnis itu dan berhasil mendapatkan kembali lahan pertanian miliknya yang sempat dijual kala bangkrut dulu. Bankir itu telah "diselamatkan" oleh berondong jagung ini.

Popcorn memang sangat populer. Dan, ternyata popcorn menyimpan banyak kisah, yang unik dan sekaligus inspiratif. Memang, kadang, barang yang kita anggap remeh, ternyata bisa memberi arti bagi banyak orang.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu