Bookmark and Share
Loading

BBM Anggrek

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan Rupanya, negara kita meski bukan dianggap sebagai negara maju, terbukti banyak pencapaian yang dilakukan oleh SDM-nya. Salah satunya yang beberapa waktu lalu dilakukan sejumlah petani anggrek di daerah Situbondo dan Bondowoso, Jawa Timur.

Dua daerah yang masuk sebagai daerah tertinggal itu, justru mampu memberdayakan tanaman anggrek sebagai pengganti bahan bakar kapal motor nelayan. Penemuan itu sendiri sebenarnya adalah hasil penelitian kerja sama antara Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), pihak swasta, dan masyarakat sekitar untuk mengantisipasi naikknya harga bahan bakar kapal nelayan.

Tanaman anggrek yang sebelumnya sudah mulai dibudidayakan di kedua daerah tersebut, pertama kali diolah untuk dijadikan bahan dasar pembuatan minyak. Setelah minyak berhasil diperoleh, bahan ini diolah lagi sehingga bisa dipakai untuk bahan bakar. Melalui cara ini, diharapkan ke depan akan semakin diperoleh banyak bahan alternatif pengganti bahan bakar sehingga ketergantungan pada bahan bakar konvensional bisa ditekan.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu