Bookmark and Share
Loading

3 Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan Seberapa efektifkah kita dalam berkarya setiap hari? Sudah optimalkah produktivitas kerja kita? Seringkali kita merasa dikejar deadline kerja seperti laporan hasil penjualan, laporan performa tim, meeting demi meeting yang tak kunjung habis, koordinasi antara kapasitas produksi dengan pemesanan bahan baku, dan masih banyak lagi.

Faktor produktivitas kerja memang sangat tergantung kepada time-management, motivasi, kemampuan koordinasi sumber daya, serta kualitas-kuantitas kerja yang dihasilkan. Tetapi seringkali kita lupa bahwa produktivitas kerja juga sangat tergantung kepada level kesehatan yang kita miliki.

Tentu saja kita tidak bisa produktif apabila kita terbaring sakit dan diharuskan oleh dokter untuk beristirahat di rumah. Bahkan di saat mengantor sekalipun, kalau saja kita diserang oleh rasa sakit kepala atau kelelahan apabila kurang tidur tadi malamnya, produktivitas pun sudah turun secara drastis.

Berikut ini adalah 3 strategi sederhana untuk meningkatkan produktivitas kerja melalui tubuh yang lebih sehat dan bugar:

  1. Konsumsikan Lebih Banyak Sayuran
    Sayuran adalah sumber serat, vitamin, dan mineral alamiah yang sangat kaya. Serat akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat sehingga kita terhindar dari konstipasi, maupun penumpukan racun akibat kotoran yang mengendap terlalu lama di dalam usus. Vitamin dan mineral menyediakan zat-zat protektif agar seluruh organ tubuh bekerja dengan baik.
  2. Perhatikan Kualitas dan Kuantitas Istirahat
    Kuantitas istirahat standar per hari 7-8 jam sebaiknya diikuti. Namun tak kalah pentingnya adalah kualitas tidur. Salah satu cara mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan mencoba tidur pada waktu yang sama setiap harinya.
  3. Berolahraga Hingga Berkeringat
    Berolahraga merupakan stress relief yang sangat ampuh. Dengan berolahraga, kita mendapatkan kepuasan, ada sense-of-achievement yang pada akhirnya memicu relaksasi pada otot-otot sehingga tidak tegang. Selain itu, berolahraga juga memperlancar peredaran darah, sehingga pengiriman gizi makanan ke seluruh tubuh (melalui aliran darah), termasuk ke otak, menjadi lebih baik. Sehingga lebih memudahkan untuk berkonsentrasi.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu