Bookmark and Share
Loading

Microwave

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan

Sebuah ketidaksengajaan, memang kadang-kadang justru menguntungkan. Berbagai penemuan penting di dunia ini banyak pula yang diawali dari ketidaksengajaan itu. Salah satu penemuan karena ketidaksengajaan adalah microwave. Oven bertenaga listrik yang kini sangat populer untuk memudahkan memasak dalam suhu yang bisa diatur-atur itu ternyata ditemukan secara kebetulan.

Kisah penemuan itu berawal dari coklat yang ada di kantong seorang penemu bernama Percy Spencer. Ia adalah seorang inovator yang bekerja di lembaga pertahanan Raytheon yang telah mempunyai sekitar 120 hak paten atas penemuan-penemuannya. Kala itu, sekitar tahun 1945, Spencer sedang meneliti bagaimana meningkatkan kemampuan radar yang ada di lembaga pertahanan itu. Saat itu, ketika ia berjalan melewati sebuah radiator yang sedang bekerja, coklat di celananya meleleh.

Mendapati peristiwa itu, otak Spencer yang memang dikenal encer segera berputar bagaimana memanfaatkan fenomena itu. Maka, ia pun kemudian melakukan sejumlah eksperimen. Dan, akhirnya, dari inovasi karena ketidaksengajaan itu, lahirlah microwave yang pertama kali di dunia. Tahukah Anda beratnya? Sekitar 400 kilogram! Alat ini kemudian dimanfaatkan untuk keperluan restoran, pesawat, dan kapal untuk mempercepat menghangatkan makanan. Tentu, setelah sekian lama, dengan berbagai eksperimen, bentuk dan besar microwave terus mengalami perubahan hingga bisa digunakan di rumah tangga seperti sekarang.

0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu