Bookmark and Share
Loading

Memaksimalkan Fungsi Pencarian di Google

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan
Apakah anda tahu atau belum sebenarnya fungsi pencarian melalui seacrh engine terutama Google, saya tidak tahu  bagaimana dengan search engine yang lain. Yang jelas Google memiliki syntax-syntax yang dapat membuat Google menjadi lebih akurat dan powerfull. Tetapi kali ini saya hanya akan menjelaskan  dua Syntax saja. Untuk mempersingkat ruang dan waktu, berikut beberapa sintaxnya :


File Type
File type adalah syntax yang berguna untuk mencari file berekstensi tertentu di dalam website, sehingga dapat digunakan filter dan menjadikan pencarian lebih akurat. Berikut contoh penulisanya dalam google :
Filetype:doc keamanan data
Filetype:doc keamanan jaringan
Filetype:xls data APBN 2010
Filetype:exe confiker
Dll.
Berikut contoh di google :

Dengan bantuan syntax tersebut maka ekstensi kata kunci yang kita masukan akan sesuai dengan ekstensi file yang kita masukan.
Site
Sama seperti filetype site juga berfungsi untuk mempersempit pencarian pada search engine Google. Berikut struktur syntaknya :
Site:(dnssite)
Contoh :
Site:com
Site:co.id
Site:net
Dll
Syntax-syntax di atas juga dapat digabungkan, misalnya kita ingin melihat file berekstensi doc yang mempunyai judul “keamanan jaringan” pada situs yang berakhiran .com, maka dapat ditulis sintax sebagai berikut :
Filetype:doc site:com keamanan jaringan
Pengaplikasian di google juga mudah :

Sekian, Semoga bermanfaat.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu