Bookmark and Share
Loading

Kotak Korek Api

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan Tahukah Anda, betapa sulitnya jaman dulu untuk membuat api? Dan, setelah ditemukan teknologi sederhana pembuat api yang terbuat dari campuran pospor dan sulfur, ternyata membuat api dianggap masih sulit karena cukup membahayakan.

Masalah bahaya ini kemudian terselesaikan dengan ditemukannya pospor merah yang kemudian disempurnakan oleh Carl Lundstrom dari Swedia pada tahun 1885. Tapi, ternyata masalah itu belum selesai. Sebab, korek api jaman dulu bentuknya besar dan aneh.

Suatu ketika, seorang pengacara bernama Joshua Pusey yang hobi mengisap cerutu merasa malu saat menghadap walikota karena besarnya kotak korek api yang dibawanya. Maka, ia pun mencoba mencari cara bagaimana membawa korek api yang lebih praktis. Akhirnya, ia berhasil membuat kotak kertas yang lebih kecil dan dipatenkannya pada tahun 1889. Namun, penemuan itu tetap belum bisa ia populerkan.

Kebetulan, pada tahun 1897, sebuah opera bernama Mendelsohn hendak pentas. Mereka kemudian menggunakan kotak korek api buatan Joshua untuk beriklan. Maka, inilah awal kemudian kotak korek api menjadi makin dikenal orang hingga sekarang.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu