Bookmark and Share
Loading

Keju

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan
Makan roti bakar lapis keju, pasti nikmat. Tapi, tahukah Anda asal keju pada awalnya? Ternyata, keju muncul sebagai akibat ketidaksengajaan.

Keju pertama kali justru bukan dikenal di Eropa, namun malah dari Timur Tengah. Hal tersebut berawal dari perjalanan seorang Arab bernama Nomad yang menunggang kuda dan membawa bekal susu yang diletakkan di pelana kudanya.

Sewaktu dia sudah menempuh perjalanan jauh, timbul niatnya untuk menghilangkan rasa haus. Maka, segera diambilnya bekal susu yang tadi dibawanya. Tapi, ia justru mendapati susunya telah berubah sebagian. Susu itu telah berubah jadi semacam gumpalan yang enak dimakan dan cairan susu yang sangat nikmat diminum. Gumpalan itulah yang kini dikenal dengan keju.

Memang, penemuan itu tak disadari Nomad. Namun, sebenarnya, setelah kini dilakukan penelitan mutakhir, sebenarnya keju tak sengaja itu terbentuk karena wadahnya terbuat dari bekas kulit perut binatang yang mengandung enzim rennin, ditambah goncangan kuda dan terpaan sinar matahari yang panas. Dan, itulah yang kini terus dikembangkan sebagai keju lezat yang dihidangkan di mana-mana.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu