Bookmark and Share
Loading

Catur

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan Hampir semua orang mengenal olahraga jenis ini. Yah, catur adalah sebuah olahraga sederhana namun kompleks,yang membutuhkan kecermatan dan ketelitian. Banyak yang mengatakan, bahwa catur merupakan olahraga otak. Sebab, dibutuhkan kecerdasan ekstra untuk memenangkan permainan catur.

Namun, tahukah Anda darimana sebenarnya olahraga catur berasal? Banyak sumber yang mengatakan tentang asal muasal olahraga senam otak ini. Namun, ada dua versi yang dipercaya cukup sahih kebenarannya. Yang pertama, yang dianggap paling kuat kebenarannya adalah berasal dari India. Namun, sebuah versi lain mengatakan, bahwa catur berasal dari China.

Menurut sejumlah sumber, catur dikenal sebagai chaturanga di India. Permainan itu adalah sebuah bentuk permainan strategi militer yang dikenal sekitar tahun 600. Chaturanga berarti empat bagian dalam empat divisi di militer, yakni prajurit, kavaleri, chariot, dan pasukan gajah.

Permainan ini kemudian mengalami sejumlah penyesuaian, sejak dibawa ke berbagai daerah. Salah satunya pada sekitar tahun 700 di mana catur dikenal di Persia dan menjadi permainan para bangsawan. Kemudian, setelah diadopsi sampai ke jazirah Arab, melalui para pedagang Islam, permainan kemudian menyebar ke seluruh dunia.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu

bookmark at folkd