Bookmark and Share
Loading

Buah Khas Kalimantan

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan

Ini ada beberapa kumpulan ciri khas dari Buah Kalimantan

Jenis Bulu-Buluan Lembut;

Buah Maritam, buah jenis rambutan tapi tidak berbulu, buah ini khas pedalaman Kalimantan. Buah satu ini juga sangat jarang ditemukan






Nah Kalau ini mungkin didaerah lain masih banyak didapatkan yaitu rambutan 







Nah kalo yang ini rambutan kecil seperti telur puyuh tapi rasanya agak kecut tapi ada juga lo yang manis, di kalteng ini disebut siwau dan siwau ini sekarang sudah susah untuk mendapatkannya






wihhhh mantap ini ne rajanya rambutan.. heee rambutan garuda... paling gede diantara rambutan. kalau di istilahkan di ayam ini ne ayam bangkoknya.. hahaha rasane mantap nyos nyos......


 

 Jenis Asam - Asaman;

 Asam putar atau disebut juga asam pulasan, jenis mangga unik ada dipedalaman kalimantan. karena bijinya bisa dilepas dengan buahnya diputar.
heee kalo asam satu ini benar2 asam karena rasanya emang asem... cocoknya ini dibuat untuk bikin sambel (sambal acan) namanya asam hambawang




Mangga sapat atau hampalam biasanya asam ini lebih kecil dari mangga. buah ini kekurangannya adalah dipohonnya.. pohon asam ini biasanya tinggi besar.
yang satu ini namanya kwuini... rasanya banget manis!!! amboy asoy geboy







nah ini namanya ramania asam kecil yang bisa bikin mata terpejam2 memakannya.. heee asem banget tapi disukai para bumil (ibu hamil) tapi buah yang satu ini juga sudah mulai susah nyarinya.




Yang ini ntah klau diluar kalimantan apa juga ada ya namanya kasturi.. buah asem kecil yang manis sekali tapi sayang dagingnya tipis






Jenis bulu/ duri yang keras

kalau ini si duren kuning alias Papakin rasanya lebih unik dari duren dan tidak kalah enaknya yang pasti lebih kecil dari duren dan durinya juga ngga terlalu tajam seperti duren.


Lihat isinya kalau sudah dikoyak.... ehmmmmm walaupun kecil tapi biasanya isinya rapet.
Ini bunganya papakin heeeee bagus juga ya bunganya...  
Wihhh ini termasuk purba hahhahaha ini namanya lahung atau dikalteng disebut karantungen susah sekali mendapatkan ini karena ini emang hanya tumbuh dalam hutan belantara durinya tajem banget dan rasanya sangat unik sekali tapi ati2 lo kebanyakan makan ini pasti pusing bisa bikin mabuk. kalo duren 1buah mungkin gpp tapi kalo ini 1 buah dimakan sendirian udah mulai puyeng ne.
Neh isinya dia seperti duren tapi biasanya tipis juga. dan membukanya juga ngga seperti duren yang udah punya jalur (hapatnya) lahung ini kalau mau dibuka ya langsung dibelah seperti ini.
Kalo saya sendiri ngga makan buah ini sudah kurang lebih 13 tahun yang lalu. heeee. dan itu pun ketemunya daerah hutan.





Masih banyak buah yang lain lagi tapi saya bingung mau mengkategorikan buah2 ini karena memang khas biar saya tampilkan saja satu persatu dibawah ini nanti terserah mau memasukan ke kategori buah apa??? 

Buah ini seperti langsat tapi lebih manis dr langsat.. isi buah ini unik namanya buah rambai




Buah ini kurang jelas juga namanya orang menyebutnya mentega bentuknya seperti buah manggis. yang satu ini saya jg belum pernah mencicipi buahnya tanya abah hasan yang punya dokumen aja deh heee... 


 
Ini juga khas kalimantan buah manggis ntah didaerah lain juga ada apa ngga ya. Uniknya buah ini isi dalam buah sesuai dengan jumlah butiran bawah manggis. aneh juga ya ini saya bilang buah yang jujur karena tidak pernah meleset jumlah isi sama jumlah penampang butiran bagian bawahnya
Ini buah Rumbia rasanya saya sudah lupa ne gmana ya. sudah lama banget g mencicipi lezatnya buah ini. heee 




namanya tampiri/ gitaan/ dangu.. kalau saya menyebut buah ini buah dangu sih buah ini juga sangat enak sekali dan tentunya sudah susah sekali mendapatkannya lagi.




Sebenarnya ini buah ngga ya?? heee aneh juga dia buah sih tapi yang dimakan sebenarnya bijinya kalau bijinya digoreng dulu enak tenan.. hee!! Namanya buah tarap dan ini makanan waktu saya kecil dulu sekarang udah ngga pernah ketemu lagi ne kangen juga...


Ini juga waktu kecil saya cuma dengar dari teman namanya buahnya binjai kata teman kecil saya dulu enak sih sayang dulu saya belum sempat merasakannya. buah ini masih ada tapi susah juga nyarinya.



kalau yang ini saya tidak bisa kasih komentar ne.. sumber dari abah hasan banua entah gmana rasanya juga.. hee tanya aja sama beliau yang punya documentasi buah ini. nama buahnya buah mundar




Buah Katapi,  buah ini unik rasanya dan ngga hanya isi dalamnya yang bisa dimakan tapi bagian kulit dalam juga bisa dimakan heeee..... 


 
 Ini lebih jelas gambar buah katapinya, kulitnya sedikit lembut




kalau ini buah kapul.. gmana ya menjelaskannya isi buah ini sama seperti rambai tapi lebih keras dan lebih besar juga rasanya manis





Buah kalangkala, buah ini ngga bisa dimakan langsung, biasanya sih tradisi orang kalimantan direndam sama air panas dulu biar isinya jadi lemah baru dimakan dan biasanya dimakan sama nasi jadi lauk pauk... heeee



yang satu ini juga sudah langka.. ini makanan waktu kecil saya dulu juga nama buahnya buah rukam. dulu kami menyebutnya anggur hutan.. heee




Jambu Agung itu lah sebutannya.. jambunya enak dan manis ini jarang sudah ditemukan dan mungkin jumlah pohonya pun sudah sedikit




Lihat buah yang satu ini kulitnya itam tapi dalamnya kuning... rasanya seperti kapas2 gitu manis2 asem tapi enak dan kulitnya tipis. namanya kuranji heee jarang jg sudah ditemukan.  



lihat kalau sudah dikoyak kuranjinya.. dan waktu kecil saya tidak pernha lihat pohon buah ini seperti apa? biasanya beli dari teman 1bungkus isi lima buah harganya 1 atau 2 rupiah perak.. xixixiixix! anehnya lagi saya juga dapet buah ini di sungai buahnya larut ntah dimana keberadaan pohonya.


Ini lengkeng hutan/ tengkuhis/ mata kucing.. saya menyebutnya tengkuhis isinya seperti mata kucing lebih bening dari lengkeng dan rasanya juga ngga kalah manis tapi lebih tipis isinya dibandingkan lengkeng 




Buah ini tak jelas namanya rasanya seperti rambutan tapi kulit buahnya tidak berbulu dan kecil2.. hheee susah menjelaskannya yang pasti buah ini masih ada dan saya baru makan buah ini 1 bulan yang lalu. 



Kalau yang satu ini mungkin teman2 sudah banyak yang tau. Buah tiwadak.. unik karena hampir semua bagian dari buah bisa dimakan. dan yang paling saya suka adalah kulitnya kalau sudah digoreng namanya mandai heeeee (makanan pavorit saya)... xixixixiix   





Pasar buah


saya mengucapkan terima kasih kepada abah hasan yang sudah berkreatif untuk mendokumentasikan buah2 ini karena saya sendiri dulu juga g pernah sempat dokumentasikan buah2 sperti ini karena sebagian buah yang dibahas sudah langka adanya dan patut dilestarikan, Buat teman2 sekalian yang mempunyai koleksi mudah2an bisa berbagi. 
7 komentar more...

7 komentar

  • Anonim

    Senang ada yang peduli sama buah kalimantan yg udah langka: terus gali,kenalkan dan lestarikan!

  • mora

    alangkah baiknya jika buah2 ini qt coba budidayakan..pemerintah bantu juga..beberapa buah di sini adajuga di hutan sumatra waktu saya kecil..kangen makan buah ni lagi..

  • GST Registration in Delhi

    Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that much interesting, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

  • Bausch & Lomb PureVision

    It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu