Bookmark and Share
Loading

10 Besar terobosan medis versi majalah Time

by Indra_doank on Nov.22, 2009, under

Bagikan
1. Sunat dapat mencegah HIV. Pada bulan Desember 2006, National of Health Institute menghentikan 2 uji klinis sunat pada pria setelah kajian awal data menunjukkan bahwa prosedur ini secara dramatis menurunkan penyebaran HIV. Awal tahun 2007, detil studi itu dipublikasikan di dalam Lancet. Kedua uji teracak yang melibatkan 7.780 pria HIV negatif di Rakai, Uganda dan Kisimu, Kenya, para penelit menemukan bahwa secara medis sunat pada pria paling sedikit 51% lebih kecil mendapat HIV dibandingkan pria tanpa sunat. Editor Lancet mengatakan penemuan ini ‘sebuah era baru bagi pencegahan HIV’. Para ilmuwan tidak mengetahui apakah sunat pada pria juga memeberikan proteksi bagi teman wanitanya, sebuah studi tentang hipotesis ini akan muncul tahun 2008.

2. Uji kanker payudara metastatik. Para dokter bedah saat ini punya cara lebih cepat untuk menguji apakah kanker payudara telah menyebar, terima kasih atas disetujuinya uji molekular pertama oleh FDA untuk kanker payudara metastatik. Selama menjalani lumpektomi dan mastektomi, para dokter bedah secara tradisional menguji nodus limfa dekat payudara (nodus sentinel) untuk tanda-tanda metastasis. Jika jaringan diuji segera dan sel-sel tumor ditemukan, nodus limfa tambahan dikeluarkan, tapi biasanya, lebih lanjut dan pengujian mikroskopik ekstensif diperlukan untuk mengkonfirmasi kanker telah menyebar. Masalahnya adalah hasil laboratorium memerlukan waktu sampai 2 hari, yang membuat para wanita bingung sebelum menghadapi pembedahan yang kedua.

3. Vaksin manusia pertama untuk flu burung. Pada tahun 2007, ancaman pandemi flu burung menyebabkan kengerian. Penyakit mematikan ini telah membunuh 207 orang di seluruh dunia dan menginfeksi 336 sejak 2003. Sementar hanya sedikit kasus yang terlacak disebarkan dari manusia ke manusia, badan-badan kesehatan publik khawatir ini hanya soal waktu sebelum virus bermutasi menjadi bentuk yang lebih mudah disebarkan dan berdampak global. Dengan harapan menghapuskan skenario terjelek tadi, tahun 2007 FDA menyetujui vaksin manusia pertama untuk melawan flu burung. Dihasilkan dari strain virus manusia, vaksin diberikan menjadi 2 suntikan pada otot. Tapi jangan meminta dokter untuk ini. Vaksin tidak dijual secara komersil. Namun demikian, pemerintah menyimpan stok sebagai persiapan bila terjadi krisis nasional.

4. Bantuan untuk yang menjalani diet : Alli. Perlu bantuan menghilangkan berat akibat libur panjang ? Orang dewasa yang kelebihan berata badan saat ini mempunyai senjata untuk melawan lemak : Alli, obat penurun berat badan yang disetujui FDA pertama kalinya untuk dijual bebas. Alli (orlistat) bekerja dengan mirp enzim lipase tubuh yang memecah dan mencerna lemak dalam makanan. Satu dosis Alli sebelum makan akan memblok kemampuan tubuh menyerap lemak sekitar 30%. Namun pabrik pembuat Alli, GlaxoSmithKline, menegaskan bahwa obat ini bukan peluru magis dan merekomendasikan penggunaannya hanya sebagai tambahan bersama diet rendah lemak dan banyak latihan. Diet rendah lemak membantu mengurangi efek samping umum dan tidak menyenangkan dari Alli, seperti kram, diare, keluar gas dan kotoran berlemak.

5. Gen-gen diabetes baru. Punya orangtua dengan diabetes tipe 2 akan meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit, tapi mengapa beberapa anggota keluarga kena sedangkan yang lain tidak ? Jawabannya terletak di dalam kode genetik Anda dan tahun 2007 membawa para ilmuwan mendekatai pemecahannya. Tim peneliti dari Amerika Serikat dan Finlandia membuka 4 variasi kode genetik berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes, yang diderita oleh sekitar 170 juta orang di seluruh dunia. Gabungan dengan 6 varian yang telah ditemukan para ilmuwan sebelumnya, total menjadi 10. Temuan ini akan membantu para ahli menunjukkan dengan tepat mereka yang berisiko terbesar terkena diabetes tipe 2.

6. Tidak ada lagi periode. Perempuan yang ingin menghindari gangguan menstruasi bulanannya dapat beralih sekarang pada Lybrel, obat kontrol kelahiran yang digunakan kontinyu yang pertama kali disetujui oleh FDA. Kontrasepsi baru ini mirip dengan pil kontrasepsi konvensional, tanpa plasebo. Secara khusus, pil-pil KB bulanan mengandung 4 sampai 7 pil plasebo, yang memicu menstruasi. Pada Lybrel, pil kosong digantikan dengan dosis hormon harian yang menghilangkan menstruasi keseluruhan. Kebanyakan perempuan akan mendapatkan beberapa pendarahan sedikit atau banyak, khususnya selama tahun pertama penggunaan.

7. Terbebas dari fibromialgia : Lyrica. Orang-orang yang menderita kelelahan kronik, nyeri otot dan kekakuan akibat fibromialgia akhirnya mendapat obat untuk menyembuhkannya. Tahun 2007 FDA telah menyetuji obat Lyrica (pregabalin) sebagai penanganan untuk fibromialgia. Berita yang ditunggu lama oleh 3-6 juta orang Amerika, kebanyakan para wanita, yang menderita kondisi kompleks dan membuat frustasi ini. Nyeri fibromialgia itu unik dan karenanya tidak merespon penghilang nyeri konvensional. Dalam penelitian, Lyrica tidak hanya menghilangkan nyeri fibromialgia, tapi juga secara bermakna meningkatkan kualitas hidup pasien. Lyrica telah mendapat persetujuan FDA untuk penanganan epilepsi, ketidaknyamanan akibat shingles dan retinopati atau nyeri saraf yang disebabkan oleh diabetes.

8. Uji tahap awal untuk kanker paru-paru. Kanker paru-paru adalah pembunuh utama akibat kanker di Amerika dan bertanggung jawab untuk lebih banyak kematian dibandingkan 3 jenis kanker yang umum yaitu kanker kolon, payudara dan prostat. Satu alasan kanker paru-paru sangat mematikan adalah pada saat tumor didiagnosis, biasanya hasil gejala-gejala fisik seperti batuk darah, kanker seringkali telah berkembang dan sulit ditangani. Tapi, sebuah uji darah baru dapat meningkatkan kemungkinan mengetahui penyakit ini lebih awal, pada tahap yang lebih mudah diobat. Disebut LC Detect, pengujian mengukur kadar suatu protein dalam darah yang muncul pada semua tahap kanker, tapi jarang terlihat pada orang sehat. Sementara uji ini sendiri tidak dapat mengkonfirmasi suatu diagnosis kanker paru-paru, ia dapat digunakan bersamaan dengan uji sinar-X dada, CT scan dan teknologi pencitraan lain untuk menemukan tumor pada tahap-tahap awal.

9. Sumber baru sel punca. Tahun 2007 merupakan tahun penelitian sel punca. Tapi, satu kemajuan yang berkaitan dengan hal ini adalah penemuan sel punca dalam cairan ketuban. Para peneliti percaya bahwa sel-sel punca berasal dari cairan ketuban (amniotic fluid-derived ítem cells/AFS) mempunyai potensi meningkatkan kebanyakan, tapi tidak semua, dari 220 jenis sel khusus yang ditemukan di dalam tubuh. Hal ini menempatkan potensi penggunaan sel-sel AFS diantara sel punca dewasa dan embrionik.Yang terbaik dari semua, sel-sel AFS mudah diperoleh, sangat banyak di dalam cairan spesimen dari amniosentesis, suatu prosedur kehamilan umum yang mengembil cairan ketuban untuk pengetesan gangguan genetika. Salah satu sumber sel-sel AFS tersedia saat melahirkan, yaitu jaringan dari ibu yang baru melahirkan. Mengingat banyaknya kelahiran setiap tahun di seluruh dunia, sel-sel AFS lebih yakini untuk penelitian masa depan.

10. Manfaat vitamin D. Para peneliti telah lama mengetahui bahwa vitamin ”sinar matahari” dapat meningkatkan kekuatan tulang setelah tubuh menyerap kalsium. Tapi, beberapa studi yang baru dipublikasikan tahun 2007 menjelaskan bahwa vitamin ini memiliki manfaat lain : diet tinggi vitamin D mencegah diabetes, penyakit gusi dan multiple scerosis dan kemungkinan kanker. Dari beberapa temuan yang mengaitkan vitamin D dan kanker yang manfaatnya masih dipertanyakan, beritanya terhadap kanker kolon sangat menjanjikan. Dalam 1 uji skala besar, pria yang ikut Health Professionals Follow-Up Study dan wanita yang ikut Nurse’ Health Study dengan kadar vitamin D dalam darah tertinggi mempunyai hampir setengah kemungkinan mengalami kanker kolon dibandingkan mereka yang kadar vitamin D kurang dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat vitamin D paling banyak, gunakan suplemen sebanyak 1.000 IU tiap hari.
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Sms Gratis untuk semua kartu